Ngobrolin fotografi memang ga ada habisnya. Yuk belajar sama-sama disini!
INDONESIA MEMOTRET

Join Group
A B C D E F G H I L M N O P R S

Tips Belanja Online: Kamera Harga Miring? Awas Penipuan!

Sekedar tips belanja online, , beli kamera online, tips belanja online, website penipuan, website penipu.

Info untuk Sobat yang ingin belanja online atau beli kamera online. Saat ini banyak sekali kasus penipuan terjadi dalam dunia maya. Salah satunya adalah toko online, kebanyakan dari mereka menjual produk-produk hi-tech seperti laptop, kamera, dll. Harga yang mereka tawarkan sangat murah, coba cermati gambar dibawah

Kamera Canon 7D Kit dijual 3,8jt padahal harga pasaran second saja sekitar 10juta. Sangat tidak mungkin, impossible!
Ada beberapa toko online yang tampilan websitenya sangat profesional, sepertinya resmi, tapi itu semua hanya tampilan saja. Namun banyak juga website / toko online yang memang benar-benar berjualan (tidak menipu).
Berikut adalah beberapa tips belanja online agar tidak terkena penipuan:

Jika belanja di toko online (website)
  1. Cermati harga yang ditawarkan. Apakah rasional atau tidak. Semua penjual tidak mau rugi. Namun harga murah bisa terjadi jika penjual bekerjasama dengan misalnya kartu kredit, tapi itu jarang, kebanyakan hanya program cicilan.
  2. Lihat alamat dan no telp yang bisa dihubungi. Kalau bisa telepon customer servicenya.
  3. Cari review di google tentang toko/website tersebut.
Jika belanja di perorangan dan penjual tidak melayani rekber (kebetulan saya juga jual alat fotografi dan tidak melayani rekber - karena prosesnya yg rumit dan kena biaya lagi laughing)
  1. Cari tahu dagangan apa saja yang dijual, dan harga yang relevan (harga yang terlalu murah biasanya tipu2)
  2. Carian nama penjual di google (dengan tanda petik) misal : "nama penjual". Cari tahu 
  3. Lakukan pencarian nama penjual di facebook > lihat apakah tempat tinggal sesuai, lihat berapa banyak friend, status terakhir, foto2, wall post, dsb >>>> semakin aktif semakin positif.
  4. Lakukan nego lewat telepon (suara), jangan sms >>> biasanya orang yg tipu2 ga akan mengangkat telp. Kalau misal diangkat, tanyakan kondisi barang > sesuaikan dengan posting.
  5. Usahakan melihat barang secara live chat >> skype/YM
Setahu saya ada beberapa website yang menawarkan produk dengan harga sangat murah, dan itu berarti harus dicurigai, antara lain: pertindo[dot]com, permatashop[dot]com

Kalau Sobat ada yang tau website-website lain yang menipu , mohon di share pada comment  dibawah, agar dapat membantu sobat-sobat lain.


Semoga tulisan ini dapat mengurangi angka penipuan di Indonesia.


0 comments:

Post a Comment