Ngobrolin fotografi memang ga ada habisnya. Yuk belajar sama-sama disini!
INDONESIA MEMOTRET

Join Group
A B C D E F G H I L M N O P R S

Memilih Lensa DSLR Sesuai Kebutuhan

Memiih lensa dslr sesuai kebutuhan. Bagaimana memilih lensa dslr? Pilihlah  lensa dslr sesuai kebutuhan dengan kebutuhan Anda.
Salah satu keunggulan kamera DSLR adalah lensa yang bisa diganti sesuai kebutuhan.


Lensa Normal

Portrait Photo by Rio C. Wirawan
Sesuai dengan namanya, lensa normal akan menghasilkan foto yang normal. Artinya, gambar yang dihasilkan sesuai dengan proporsi asli tidak ada perubahan dimensi. Apa yang terekam oleh kamera akan sama dengan yang dilihat dengan mata manusia.
Lensa ini cocok untuk foto close-up (wajah) atau jurnalistik. Panjang fokal biasanya antara 40 - 55 mm.





Lensa Tele

Animal Photo by Rio C. Wirawan
Lensa tele memiliki panjang fokal (focal length) diatas panjang lensa normal sampai dengan 200mm, diatas 200mm biasanya disebut dengan lensa super tele.
Lensa tele mempunyai karakter mendekatkan objek foto termasuk background. Gambar yang dihasilkan akan tampak lebih padat.

Lensa tele cocok digunakan untuk mengambil gambar dari kejauhan misalnya untuk sport, wildlife, atau juga portrait. Kurang fleksibel jika digunakan di dalam ruangan, apalagi ruangan yang sempit.

Lensa Lebar (Wide Angle)

Landscape Photo by Anton Andi Nugroho
Lensa wide adalah kebalikan dari lensa tele. Lensa ini memiliki karakter yang menjauhkan objek foto. Dua benda yang berdekatan akan terlihat lebih jauh dari pandangan mata biasa. Objek yang posisinya jauh dari lensa akan terlihat sangat kecil dibandingkan dengan objek yang berada lebih dekat.
Lensa ini cocok untuk memotret keindahan alam.

Lensa Makro

Macro Photo by Rio C. Wirawan
Lensa makro adalah lensa yang dapat digunakan dengan jarak objek yang sangat dekat. Lensa ini biasanya memiliki nilai pembesaran 1:1, artinya ukuran objek pada sensor kamera sama dengan ukuran asli objek.
Lensa ini cocok untuk memotret benda kecil misal serangga atau perhiasan untuk menampilkan detail secara jelas.






Lensa Zoom

Zoom Paning Photo by Rio C. Wirawan

Lensa zoom memiliki panjang fokal beragam misalnya 18-55mm, 18-200mm, 70-200mm, 55-250mm, dsb.
Lensa ini cocok digunakan untuk traveling, memotret human interest, dan kegiatan lain yang memerlukan fleksibilitas tinggi. Lensa ini juga dapat digunakan dengan menggunakan teknik zoom paning seperti gambar disamping. Lensa zoom yang popular adalah lensa zoom yang memiliki bukaan diafragma tetap. Misalnya Canon 70-200mm f2.8, angka f2.8 menunjukan bukaan diafragma yang tetap. Artinya pada rentang fokal berapapun, 70mm atau 200mm, bukaan diafragma 2.8 akan tetapp dapat digunakan. Berbeda dengan misalnya Canon 18-105mm f3.5-5.6, pada 18mm masih dapat menggunakan diafragma terlebar (f3.5) namun pada fokal 105mm diafragma yang dapat digunakan adalah f5.6.

Lensa Fix

Lensa fix adalah lensa yang memiliki panjang fokal tetap misal 8mm, 28mm, 50mm, 85mm, 100mm, dst
Lensa fix biasanya memiliki bukaan difragma lebar (f1.4, f1.8, f2.8, dsb)

0 comments:

Post a Comment