Ngobrolin fotografi memang ga ada habisnya. Yuk belajar sama-sama disini!
INDONESIA MEMOTRET

Join Group
A B C D E F G H I L M N O P R S

Travelling Jogja (1)

Lebaran 2012 kali ini mendapatkan "job" jadi tour guide alias sopir (lho koq??). Hehehe...mumpung ada kesempatan dan mobil sedang nganggur, lumayanlah ada pemasukan buat jajan anak.
Mendapat pengalaman menjadi tour guide ternyata asik juga, bisa jalan-jalan gratis dan dibayar :D, dan yang jelas nambah daftar teman.
Thanks to Mba Desi, Mba Dian, Mba Naning :)
Dalam kesempatan kali ini, saya gak lupa bawa kamera buat hunting dan motret peserta tour. Canon 500D dan lensa manual Sigma 28mm f 2.8 +filter CPL.
Hari Pertama
Air Terjun Sri Gethuk.
Terletak di Playen-Gunung Kidul. Perjalanan harus dilalui melewati jalan batu kapur kurang lebih 2 km. Tiket masuk Rp 5000/orang. Setelah sampai di pos sekretariat perjalanan ke air terjun bisa dicapai dengan berjalan kaki +/- 400 meter atau dengan perahu dengan tiket Rp3000/orang.
Perahu Sri Gethuk

sopir perahu Sri Gethuk
Air Terjun Sri Gethuk

Sri Gethuk
Dari air terjun Sri Gethuk perjalanan kami lanjutkan ke Pantai Ngandong. Pantai ini terletak di sebelah Pantai Sundak.

Pantai Ngandong

Pantai Ngandong

tebing Pantai Ngandong

dari atas tebing P.Ngandong
dari sini kami melompati/mendaki tebing sampai ke Pantai Sundak. Lanjut dari P Sundak kembali ke parkiran di pantai Ngandong langsung cabut ke Pantai Drini. Di pantai ini ombak lautan sampai ke bibir pantai tidak seperti di pantai-pantai sebelumnya.
Pantai Drini
Dari pantai Drini kami bermaksud untuk pulang ke Jogja namun kami sempatkan mampir ke pantai Baron. Kali ini persinggahan di pantai Baron hanya singkat namun sangat berkesan. Turun dari mobil, kami langsung ke pinggir pantai. Di sebelah kanan pantai Baron ini, tepatnya diatas sungai bawah tanah ada sebuah gua yang bernama Goa Sinaga (goa untuk mencari wangsit orang-orang jaman dulu). Diatas goa Sinaga ini ada sebuah tangga turun yang sangat curam dan sepertinya bekas tambang atau jalan ke sungai bawah tanah. Nah,,,pas foto-foto di anak tangga ini, Mba Dian melihat sesosok menyeramkan yang berada di bawah dekat kami. Langsung saja semuanya kaburrr!!

Hari Kedua
Goa Pindul dan sungai Oya.
Goa Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Tepatnya 7 km sebelah Utara kota Wonosari. Kira-kira satu setengah jam perjalanan dari Kota Jogja. Goa ini dipenuhi dengan  stalagnit dan batu purba. Ada juga batu yang jika dipukul akan berbunyi seperti gong. Goa Pindul dibagi menjadi 3 bagian, zona remang-remang, zona gelap abadi, dan goa vertikal (zona terang). Tiket masuk Rp.35ribu sudah termasuk pelampung, ban, sepatu karet, dan pemandu. Pemandu dari "Dewa Bejo" ini akan dengan senang hati membawakan kamera pengunjung dan memotret aktiivitas kita.
Karena saya dipaksa untuk ikut berbasah-basah ria, maka kamera saya tinggal di mobil, dan hanya membawa kamera prosumer mba Naning. Setelah dari Goa Pindul kami langsung menuju sungai Oya, masih dengan pemandu dan perlengkapan yang sama. Namun, tiket wisata menyusuri sungai Oya dibeli terpisah Rp45rb.

Goa Pindul
Goa Pindul
Goa Pindul
Pintu Masuk Goa Pindul

Pintu Keluar Goa Pindul
Sungai Oya - Bejiharjo

Sungai Oya - Bejiharjo

Sungai Oya - Bejiharjo
Foto-foto Goa Pindul dan Sungai Oya diatas tidak diambil dari perjalanan kali ini, tapi dari perjalanan saya sebelumnya.

Setelah lelah bermain air kami langsung menuju Gunung Api Purba Nglanggeran. Tempatnya ada di bukit Pathuk Gunung Kidul. Perjalanan sekitar 1 jam dari Goa Pindul ataupun kota Jogja. Sampai di TPR (tiket Rp5ribu), langsung naik-naik ke puncak gunung. Tapi jangan harap ada pohon cemara :) Perjalanan dari TPR ke pos pertama sekitar 20 menit dengan berjalan kaki, kalau dengan ojek bisa lebih lama (karena belum ada jalannya hahaha) apalagi becak. Fuihhh... lumayan ngosngosan. Namun, rasa ngosngosan ini langsung hilang saat sampai di pos pertama. Landscape dan sunsetnya bosss...mantab. Ga sia-sia keringat ini terbuang.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Sunset @ Gunung Api Purba Nglanggeran

Sunset @ Gunung Api Purba Nglanggeran
Ga mau buang-buang waktu, turun dari gunung langsung ke Taman Pelangi, tepatnya di Monumen Jogja Kembali, Ring road Utara. Tiket masuk 10ribu/orang


Taman Pelangi
Taman Pelangi Jogja

 K.O


Karena kondisi badan yang sudah lelah, kami ga berlama-lama disini. Makan malam dulu di nasi langgi lalu pulang.

Hari ketiga ditutup dengan berbelanja batik dan ke Pasar Beringharjo.
 
Sekian dulu perjalanan kali ini.







0 comments:

Post a Comment